Langsung ke konten utama

Magang itu Penting, lho!



Bagi mahasiswa tingkat akhir, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah magang. Ada juga mahasiswa yang menyebutnya dengan istilah KP (Kerja Praktek) biasanya adalah mahasiswa di jurusan teknik. Atau bagi siswa/siswi yang masih bersekolah di jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) menyebutnya dengan istilah PKL (Praktek Kerja Lapangan). Semua istilah tersebut memilki arti yang kurang lebihnya sama, yaitu mengimplementasikan teori yang telah didapatkan dibangku sekolah/kuliah di waktu sebelum magang/praktek itu dilaksanakan.

Telah terbukti bahwa magang tersebut memiliki banyak keuntungan yang bisa didapatkan terlebih lagi jika kita menekuni atau belajar dengan sungguh-sungguh saat pelaksanaan magang. Keuntungan yang bisa didapatkan antara lain adalah:

1. Mempraktekkan teori yang sudah pernah dipelajari
Selama masa sekolah atau kuliah, tentunya kita mendapatkan banyak pelajaran atau teori dari guru maupun dosen, semua teori yang diberikan tentunya bertujuan untuk dapat diimplementasikan di dunia kerja nantinya. Namun, sebelum masuk ke dunia kerja terdapat proses yang dinamakan magang yang harus dilalui bagi para calon karyawan perusahaan. Nah, pada tahap magang inilah saatnya mulai mempraktekkan teori yang didapatkan semasa belajar teori sebelumnya.

2. Mempeluas relasi
Ketika menjalankan magang, kita pasti akan bertemu dengan orang banyak. Orang yang akan ditemui pertama kali adalah atasan atau teman sesama magang, kemudian orang-orang kantor lainnya yang akan berhubungan dengan kita nantinya. Pada saat proses perkenalan hingga menjadi dekat itulah, jiwa sosialisasi kita diuji untuk dapat menjalin relasi atau jaringan yang akan sangat bermanfaat ketika kita membutuhkan.

3. Mendapatkan pengalaman kerja
Hal ini adalah yang paling pasti didapatkan ketika menjalankan suatu program magang, dimanapun kita berada tentu akan ada sesuatu yang dipelajari baik itu hal baik dan hal buruk yang seharusnya menjadikan pelajaran bagi kita kedepannya. Tidak menutup kemungkinan juga, jika selama magang kita memiliki kinerja yang baik, perusahaan akan merekrut kita kembali untuk dapat bekerja di perusahaan itu sebagai karyawan tetap.

4. Menjadi nilai lebih di resume
Ketika memiliki pengalaman magang, tentunya kita merasa bangga karena telah memiliki pengalaman kerja yang dapat ditujukkan kepada perusahaan lain atau menunjukkan seberapa baik pengalaman kita pada masa sebelumnya. Tetapi, perlu menjadi catatan bahwa menjalankan magang hanya untuk menambah pengalaman di resume tidak disarankan karena sebaiknya magang merupakan proses belajar yang diharapkan agar kita dapat mempraktekkan teori yang sudah kita dapat bukan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Wohdkudu: Cocok Buat Mantai Sambil Ngecamp

Selama di Yogyakarta, aku banyak pergi ke tempat-tempat wisata yang ada disini. Mulai dari wisata wajib kunjungan, sampai wisata anti mainstream yang jarang diketahui orang. Mungkin wisata pantai sudah biasa bagi wisatawan, tapi kalau wisata pantai sambil camping kamu sudah pernah belum? kalau belum, wajib dicoba sih sensasinya. Pada bulan desember lalu, kelasku ada mata kuliah Manajemen Media Digital (MMD) yang mengharuskan setiap kelompok membuat konten media digital, kemudian dibuat manajemennya. Wah, kita mau bikin konten apa ya selain konten-konten yang sudah pernah kita buat. Berita, iklan, short movie, sampai web series sudah pernah dibuat. Hmm, kita akhirnya memutuskan buat bikin vlog! Setelah searching sana sini buat nentuin bikin vlog dimana, kita nemu salah satu pantai yang cukup bagus buat sambil ngecamp. Ya, pantai wohkudu ! Disana ada pantai yang disamping kanan kirinya dikelilingi tebing besar. Ditambah pasir putih yang indah, sepertinya ini emang destinasi yang c

Tutorial Memasang Lampu Tumblr Bentuk Kaktus

Lampu tumblr seperti sudah menjadi properti wajib bagi remaja terutama bagi perempuan. Karena selain menghias kamar atau ruangan, lampu tumblr ini bisa jadi menjadi moodbooster atau membantu menaikkan mood bagi yang memasangnya dengan indah. Nah, ada berbagai cara dan juga pola yang bisa menjadi pilihan untuk menghias ruangan dengan lampu tumblr ini. Jika dicari dikolom pencarian pada Google, akan banyak inspirasi yang muncul, seperti dipadukan dengan kelambu, bentuk tulisan, dan sebagainya. Tidak terkecuali juga dilihat di platform YouTube, akan banyak tutorial, namun hampir semuanya sama saja. Menampilkan pola tulisan Dreamer, Dream, atau hanya digantung sedemikian rupa agar terlihat seperti bintang-bintang. Jarang sekali yang mencoba pola yang sesuai keinginan sendiri. Kali ini aku akan membuat tutorial atau cara memasang lampu tumblr dengan pola yang aku inginkan, yaitu berbentuk kaktus! Yuk langsung saja cek caranya.. 1. Tentukan pola yang diinginkan Jika ingin membuat

Ternyata Solo Punya Destinasi Asyik Plus Low Budget!

Rencana ini bermula dari keinginan ke Semarang, di sela-sela liburan sebelum masuk ke semester 5. Tapi setelah mendekati hari H, sepertinya ga memungkinkan deh buat ke Semarang. Setelah dipikir-pikir, dimana ya destinasi terdekat Jogja yang ga kalah asyik sama Semarang. Tercetuslah ide Solo. Awalnya akupun mengira kalau Solo ga punya terlalu banyak destinasi wisata, tapi yasuladahlah.. Mari kita berusaha searching dulu. Dari mulai searching satu website ke website lain, YouTube, Instagram.. Kebanyakan tidak terlalu menampakkan keindahan sebenarnya kota Solo Surakarta itu. Paling tidak yang mendekati itu di Instagram explore.solo. Terlebih lagi aku lebih ingin jalan-jalan ketempat yang low-budget, atau bahkan gratis! Hahaha *maklum anak kost :(* Setelah semalam sebelum keberangkatan, aku sudah menyusun rundown untuk estimasi waktu kurang lebih 12 jam di kota Surakarta itu dengan menggunakan motor. Aku sengaja memilih tempat-tempat yang free HTM, atau paling mahal yaa 10K deh. I