Judul clickbait memang sering membuat kesal. Terlebih lagi jika isinya tidak sesuai dengan judul yang terpampang nyata. Orang akan merasa penasaran dengan jawaban atau penjelasan dari judul tersebut. Namun, itulah faktanya atau diinginkan oleh para penulis yang menginginkan agar tulisannya dibaca oleh banyak orang.
Pastinya ada banyak keuntungsn dari hasil clickbait tersebut, selain mendapat pundi-pundi uang dari cost per click, juga akan menaikkan traffic dari pembaca yang mengundang para pengiklan untuk memasangkan iklannya di media tersebut.
Tetapi apakah selamanya clickbait itu buruk? Juga apakah judul clickbait melanggar kode etik jurnalistik karena isinya tidak sesuai dengan judul?
Menurut saya, tidak masalah apabila judul sebuah pemberitaan itu membuat orang penasaran dan kemudian menekan click. Asalkan, ada kesinambungan atau setidaknya sedikit keterkaitan antara judul dan isi. Karena, jika judul saja tidak menarik untuk dibaca, bagaimana orang akan penasaran dan pada akhirnya tau tujuan dari pemberitaan tersebut.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengindari clickbait itu sendiri, seperti mengetahui kredibilitas dari sumber berita tersebut, kemudian selidiki judul beserta link yang disertakan. jika dari awal saja sudah terkesan tidak nyambung, ada baiknya diacuhkan saja beritanya.
Karena pada dasarnya, kita tidak bisa menyalahkan sang penulisnya, karena itu memang sudah menjadi tugasnya untuk membuat judul semenarik mungkin agar mendapat klik dari pembaca sebanyak-banyaknya dan dalam waktu cepat juga.
Komentar
Posting Komentar