Langsung ke konten utama

PELUANG BISNIS MASA DEPAN YANG MENJANJIKAN





Pada era zaman yang semakin hari semakin modern ini, kita dituntut oleh zaman agar dapat terus berkembang secara pesat. Contohnya saja bisnis yang konvensional seperti produk garmen, toko kelontong, transportasi, dan lain sebagainya, telah berubah sedemikian rupa menjadi lebih modern. Pada bidang garmen misalnya, saat ini industri garmen telah berubah menjadi industri kreatif yang dijalankan oleh para pengusaha di usia remaja dan juga dewasa. Hal ini didorong dengan berkembangnya desain grafis. Tidak hanya di bidang garmen, toko kelontong pun saat ini berubah lebih canggih dengan adanya fasilitas pelayanan pesan antar.

Saya telah mendapat bekal untuk membangun ekonomi yang kreatif dimulai ketika saya masuk ke salah satu perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, yaitu Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Namun, di setiap usaha juga pasti memiliki sebuah ancaman kegagalan, apalagi jika peluang usaha yang dikembangkannya kurang kompetitif, sudah tentu akan gulung tikar bangkrut seperti halnya beberapa pabrik tekstil banyak yang tutup karena pakaian impor murah dari China.

Tapi setidaknya masih ada beberapa bisnis yang potensinya masih sangat baik di masa depan, yang dapat kita kembangkan karena potensi persaingan dipasar masih cukup kecil. Apa saja peluang bisnis yang menjanjikan tersebut?

1. Bidang Usaha Kuliner



Bisnis usaha kuliner adalah bisnis yang tidak ada matinya. Dari tahun ke tahun, bisnis ini telah menjadi andalan para pelaku usaha. 

Mengapa?

Karena, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepaskan. Tapi untuk bisa bertahan dalam bisnis kuliner diperlukan juga kreatifitas dan inovasi terus menerus. Semakin banyak kreatifitas tentang kuliner yang kamu punya, akan semakin banyak pula pelanggan yang selalu penasaran dengan menu kuliner yang kamu sajikan.

Seperti apa peluang kuliner tersebut? Kamu bisa menjalankan seperti membuat makanan ringan, membuka catering, warung tenda, dll. Jangan lupa untuk konsisten dan jangan pernah pantang menyerah dalam menjalankan usaha kuliner ini.
Jika menu makanan yang disajikan memiliki rasa yang nikmat, nama bisnis kamu akan pun akan menyebar dengan sendirinya. Bisnis kuliner sendiri memiliki beberapa kategori, mulai dari makanan ringan, minuman atau makanan pokok. Semua ini memiliki prospek yang bagus, tergantung bagaimana cara kamu mengemasnya.

 

2. Usaha Bisnis Online



Peluang bisnis terbaik lain sepanjang masa berkaitan dengan internet. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia merupakan potensi bisnis baru yang layak diperhitungkan.
Bahkan dengan semenjak adanya Facebook dan Twitter menjadikan Indonesia termasuk pengguna internet lima besar didunia.

Dengan adanya peluang bisnis online akan sangat baik jika dikembangkan pada jejaring sosial. Walaupun sudah ada Facebook dan situs lain, tapi situs yang bersifat lokal akan lebih mengerti akan keinginan penggunanya di Indonesia.

Kamu pun bisa menjalankan bisnis tersebut. Seperti membuka toko fashion online, berjualan di bukalapak atau tokopedia, sebagai dropshipper, affiliate, atau jasa penulisan konten website dan lain-lain.

Seperti misalnya pada bisnis-bisnis online yang telah dibuat oleh para mahasiswa/i Universitas AMIKOM Yogyakarta dan mendapatkan income yang tidak sedikit.


3. Bidang Pendidikan




Pendidikan adalah modal utama bagi perkembangan setiap bangsa. Karena begitu pentingnya pendidikan bagi sebuah bangsa, dan ternyata sarana yang yang ada di Indonesia masih minim kamu bisa memanfaatkan peluang ini.

Ada banyak sekali kategori dalam bisnis pendidikan yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya beberapa contoh usaha yang bisa dibuka seperti jasa les mata pelajaran tertentu, dll. Itulah beberapa prospek peluang usaha yang menjanjikan di masa depan. Pilih juga usaha yang menjanjikan di masa depan di bidang yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

4. Bidang Industri Kreatif



Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan. Bisnis di bidang industri kreatif yang ada di Indonesia ternyata masih sedikit sehingga untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri masih saja mengandalkan impor dari China. Peluang usahanya sangat memungkinkan nih selama harganya dapat bersaing dengan produk china yang sangat terkenal murah.

Seperti halnya misi Universitas AMIKOM Yogyakarta, yaitu "Creative Economy Park"
artinya
sebuah kawasan yang dikelola dengan cara yang dirancang untuk mempromosikan inovasi berdasarkan penggunaan imajinasi kreatif masyarakat mereka untuk meningkatkan nilai gagasan di AMIKOM Yogyakarta.




8. Bidang Usaha Properti



Jumlah Penduduk dunia dari hari ke hari akan semakin bertambah. Begitu juga dengan  Negara Indonesia yang mempunyai jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia.  Dengan melihat jumlah manusia yang semakin meledak, kebutuhan tempat tinggal pun semakin meningkat. Di sinilah para pengembang bisnis properti harus bermain. Setidaknya sambil berbisnis, kamu pun menyumbangkan tempat tinggal layak huni di Indonesia.

Itulah Peluang Bisnis Masa Depan yang Menjanjikan yang bisa kamu jadikan referensi atau ide dalam memulai usaha, walaupun sebenernya masih banyak terdapat usaha-usaha lain yang juga menjanjikan. Namun, tergantung bagaimana kalian memulai suatu bisnis itu dengan kemauan dan usaha yang tinggi.

Adapun artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir kuliah lingkungan bisnis di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca blog ini :)




referensi blog :
- http://pugago.id/peluang-usaha-di-zaman-modern
- http://www.hipwee.com/list/10-usaha-yang-menjanjikan-di-masa-depan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Wohdkudu: Cocok Buat Mantai Sambil Ngecamp

Selama di Yogyakarta, aku banyak pergi ke tempat-tempat wisata yang ada disini. Mulai dari wisata wajib kunjungan, sampai wisata anti mainstream yang jarang diketahui orang. Mungkin wisata pantai sudah biasa bagi wisatawan, tapi kalau wisata pantai sambil camping kamu sudah pernah belum? kalau belum, wajib dicoba sih sensasinya. Pada bulan desember lalu, kelasku ada mata kuliah Manajemen Media Digital (MMD) yang mengharuskan setiap kelompok membuat konten media digital, kemudian dibuat manajemennya. Wah, kita mau bikin konten apa ya selain konten-konten yang sudah pernah kita buat. Berita, iklan, short movie, sampai web series sudah pernah dibuat. Hmm, kita akhirnya memutuskan buat bikin vlog! Setelah searching sana sini buat nentuin bikin vlog dimana, kita nemu salah satu pantai yang cukup bagus buat sambil ngecamp. Ya, pantai wohkudu ! Disana ada pantai yang disamping kanan kirinya dikelilingi tebing besar. Ditambah pasir putih yang indah, sepertinya ini emang destinasi yang c

Kehabisan Ide Saat Menulis? Ikuti Tips Ampuh Ini!

Kehabisan Ide Saat Menulis? Ikuti Tips Ampuh Ini! Kehabisan Ide Saat Menulis? Ikuti Tips Ampuh Ini! - Inspirasi bisa datang dari mana saja. terutama bagi seorang penulis. Namun mencari topik terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Buat kamu yang hobi menulis, pasti nggak mau kan tulisanmu ngebosenin bahkan gak relate sama yang lagi terjadi sama orang-orang? Langsung aja intip 5 tips ampuh mendapatkan buah pikiran saat stuck menulis.   1. Santai dan rilex Kreatifitas itu datang ketika kondisi tubuh dan pikiran sedang santai dan rilex. Jika Ide tidak ada atau belum datang jangan memaksakan diri, yang pada akhirnya malah nanti kamu jadi stress, kondisi seperti ini malah menjadikan kreatifitas hilang. Santai dan rilex, regangkan otot, regangkan syaraf, nikmati udara sekitar, tarik nafas, hembuskan. Kondisi disekitar yang hening juga bisa bantu kamu berfikir lho.   2. Gunakan ponsel agar lebih praktis Supaya kamu bisa tetap produktif di sela-sela kesibukan. Kamu bisa banget

Cita-cita Menjadi Jurnalis dan Cerita Sebelum Berada di Kampus Ungu

Jurnalis TV yang sedang meliput berita Sebenarnya sejak saya kecil saya bingung ingin memiliki porfesi apa nantinya. Apalagi ketika ditanya oleh guru SD atau SMP, mungkin jawaban saya pada saat itu sama seperti jawaban anak-anak pada umumnya, seperti dokter, guru, arsitek, atau apapun itu yang sudah familiar didengar oleh anak-anak diumur belianya. Namun ketika memasuki usia remaja atau memasuki masa-masa sekolah setelah SMP, kegelisahan itu tiba-tiba muncul, dengan kegelisahan awal antara masuk ke SMA, atau SMK. Tetapi saya pada saat itu terngiang dengan kalimat “Kalau kamu bingung, pilih saja SMK, kalau SMK nanti bisa langsung kerja, atau kalau mau lanjut kuliah juga bisa. Tapi kalau SMA kamu harus kuliah dulu baru bisa kerja.” Dan akhirnya, saya memutuskan untuk masuk ke SMK, soal SMK mana saya masih bingung pada saat itu. Saya mulai kepikiran kalau saya cukup tertarik dengan dunia broadcasting pada saat itu. Menurut saya itu keren, tampil di TV, mengoperasikan alat ya