Langsung ke konten utama

MAHASISWA SAMBIL USAHA? KENAPA TIDAK?






Kuliah sambil berbisnis merupakan salah satu pilihan mahasiswa dalam mengatasi permasalahan pembiayaan perkuliahan. Tapi terkadang pilihan ini merupakan pilihan yang berat. Apalagi bagi yang jadwal kuliahnya padat atau bisnisnya lagi banyak order.

Sebenarnya ada banyak keuntungan dan manfaat yang akan didapat bagi mahasiswa yang memilih untuk kuliah sekaligus sambil berbisnis. Memang untuk pertama kali akan terasa berat. Tetapi jika terus menerus dilakukan dan pantang menyerah maka akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Manfaat yang paling utama jika mahasiswa sejak kuliah sudah berbisnis adalah tahu artinya kerja keras dan disiplin. Selain itu mahasiswa tersebut juga tahu bagaimana rasanya mencari uang sendiri sehingga bisa menghargai uang yang akan didapat. Yang biasanya uang didapat dari orang tua dan dihambur-hamburkan. Kini bisa memanfaatkan dengan baik karena susahnya cari uang.

Saya juga telah diajarkan untuk segera memulai bisnis sejak dini untuk mendapatkan penghasilan sendiri oleh dosen-dosen yang ada di Universitas AMIKOM Yogyakarta agar dapat lebih mandiri dalam membiayai perkuliahan.

Awali dengan langkah yang tepat

Mahasiswa, Jangan Nekad Mau Mulai Bisnis dengan Kartu Kredit! - Finansialku

 

Jika kamu berminat untuk segera terjun ke dunia bisnis, maka saat ini adalah waktu yang tepat. Tak peduli berapa usiamu sekarang, bahkan meski kamu masih duduk di bangku kuliah sekalipun, kamu bisa memulai bisnismu sejak saat ini. Ada banyak orang sukses yang memulai bisnis saat masih duduk di bangku kuliah, beberapa orang tersukses di dunia bahkan melakukan hal yang sama. Sebut saja beberapa nama besar seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates, yang telah memulai bisnis mereka sejak mereka masih aktif sebagai mahasiswa. Jadi, tidak ada alasan untuk kamu menunda dan selalu menunda.

Simak beberapa cara yang dapat kamu lakukan berikut ini, untuk memulai bisnismu sejak di bangku kuliah:


#1 Tuangkan dalam proposal




Sejumlah rencana dan juga ide yang bisnis yang cemerlang mungkin telah kamu miliki sejak lama. Namun, bukan berarti semua itu adalah rencana yang tepat dan bisa mendatangkan keuntungan. Penting bagimu untuk membuat dan mengatur segala sesuatunya yang terkait dengan bisnis tersebut di dalam sebuah proposal bisnis.

Rencana bisnis yang matang, harus didukung oleh proposal yang juga masuk akal. Untuk itu, susunlah proposalmu dengan seefektif mungkin, di mana ide serta berbagai hal lainnya bisa berjalan dengan selaras. Proposal akan menjadi sebuah jalan terang bagi bisnismu, termasuk untuk membantumu mendapatkan dukungan yang kamu butuhkan dari berbagai pihak luar.

#2 Temukan seorang mentor

Untuk berbagai hal, seringkali kamu akan membutuhkan sebuah bimbingan, termasuk ketika akan memulai bisnismu untuk pertama kalinya. Tidak usah malu untuk selalu belajar, sebab hal ini akan membantu langkahmu menuju kesuksesan. Manfaatkan status dan keberadaanmu di kampus untuk mendapatkan bimbingan dari mentor terbaik, dimana keberadaannya dapat mendukung untuk menjalankan bisnismu dengan lebih terencana dan matang. Kampus adalah tempat para ahli dan profesor berkumpul. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menambah ilmu serta mendapatkan bimbingan yang paling tepat.

#3 Ikuti kelas bisnis (kursus)

Meski kamu berada di jurusan kuliah yang tidak berhubungan dengan ilmu bisnis, bukan berarti kamu tidak bisa mempelajari ilmu bisnis tersebut dengan sistem yang terpadu. Belajar tidak harus selalu otodidak, sebab kamu bisa mengikuti kelas bisnis yang akan menambah skill dan kemampuan kamu di bidang tersebut. Saat ini, ada banyak kelas bisnis yang ditawarkan dalam paket tertentu, dimana kamu bisa memilih sendiri bidang tertentu yang menarik minat kamu dan kamu anggap penting untuk perkembangan bisnismu di masa yang akan datang. Beberapa kelas yang paling banyak diminati dan bisa menjadi pertimbangan kamu antara lain: manajemen, akuntansi, studi pasar atau bahkan komunikasi bisnis.
apakah-mahasiswa-perlu-bimbingan-karier

#4 Perhitungkan modal kamu sejak awal

Bisnis tentu akan selalu membutuhkan sejumlah modal awal untuk menjalankannya, dimana hal ini patut menjadi sebuah pertimbangan khusus bagi kamu. Lakukan perhitungan dan juga perbandingan yang tepat, seandainya kamu menggunakan sejumlah modal dari pihak luar dengan ketika kamu kelak akan memberi modal sendiri bisnismu. Dalam hal ini kamu akan membutuhkan perhitungan yang akurat, dimana kamu perlu menghitung potensi keuntungan dan juga tingkat risiko yang akan diberikan oleh kedua sumber modal tersebut. Beberapa kebijakan mungkin akan sangat dibutuhkan, agar modal yang kamu gunakan bisa berkembang dengan maksimal dan mendatangkan keuntungan.

 

#5 Magang dan terjun langsung ke dunia bisnis

Belajar yang paling tepat adalah ketika kamu secara langsung praktek dan berada di tengah-tengah lapangan kerja itu sendiri. Untuk mendapatkan itu, kamu bisa terjun langsung dan magang di sebuah perusahaan, di mana kamu bisa memiliki kesempatan yang luas untuk belajar dan mendapatkan ilmu yang berharga di sana. Bukan hanya mendapatkan ilmu, beberapa perusahaan bahkan akan membayarmu untuk melakukan hal itu.
tips-sukses-untuk-anak-mahasiswa-yang-menjadi-karyawan-magang-di-perusahaan-finansialku

 

#6 Belajar memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran

Mengingat kamu adalah generasi sekarang yang aktif dan mengikuti perkembangan teknologi, maka kamu juga harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan hal tersebut di dalam bisnis kamu. Mulailah mempelajari bagaimana cara untuk memaksimalkan berbagai media sosial yang ada saat ini untuk memajukan bisnis yang akan kamu jalankan nanti.

 

#7 Belajar untuk tangguh dan mampu mengatasi kegagalan

Tak ada jalan mudah untuk mencapai kesuksesan, termasuk di dalam dunia bisnis sekalipun. Sadari hal ini sejak awal, agar kamu selalu berupaya sekeras mungkin untuk bisa yakin pada bisnis yang kamu jalankan. Mental yang baik sejak awal, akan membantu kamu untuk bertahan, belajar dan belajar terus dalam mengembangkan bisnis yang kamu jalankan. Gagal itu soal biasa, namun yang membedakan kegagalan seseorang dengan yang lainnya adalah ketika orang tersebut selalu bisa bangkit dan memperbaiki kegagalannya.
8-cara-menambah-uang-saku-mahasiswa-selain-minta-dari-orang-tua-1-finansialku


Memulai bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Jangan khawatir, jika kamu memiliki keinginan yang besar untuk belajar bisnis sejak muda, maka keberhasilan bisnis tersebut juga akan lebih cepat terealisasikan. Mulai bisnis kamu sekarang, agar kesuksesanmu datang lebih awal.

Terima Kasih kepada Universitas AMIKOM Yogyakarta
 yang telah memotivasi saya dalam membuat artikel ini. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca :)


Referensi Blog :
- http://www.stiebbank.ac.id/keuntungan-kuliah-sambil-berbisnis-bagi-mahasiswa
- https://www.finansialku.com/7-cara-mudah-memulai-bisnis-untuk-mahasiswa
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Wohdkudu: Cocok Buat Mantai Sambil Ngecamp

Selama di Yogyakarta, aku banyak pergi ke tempat-tempat wisata yang ada disini. Mulai dari wisata wajib kunjungan, sampai wisata anti mainstream yang jarang diketahui orang. Mungkin wisata pantai sudah biasa bagi wisatawan, tapi kalau wisata pantai sambil camping kamu sudah pernah belum? kalau belum, wajib dicoba sih sensasinya. Pada bulan desember lalu, kelasku ada mata kuliah Manajemen Media Digital (MMD) yang mengharuskan setiap kelompok membuat konten media digital, kemudian dibuat manajemennya. Wah, kita mau bikin konten apa ya selain konten-konten yang sudah pernah kita buat. Berita, iklan, short movie, sampai web series sudah pernah dibuat. Hmm, kita akhirnya memutuskan buat bikin vlog! Setelah searching sana sini buat nentuin bikin vlog dimana, kita nemu salah satu pantai yang cukup bagus buat sambil ngecamp. Ya, pantai wohkudu ! Disana ada pantai yang disamping kanan kirinya dikelilingi tebing besar. Ditambah pasir putih yang indah, sepertinya ini emang destinasi yang c

Kehabisan Ide Saat Menulis? Ikuti Tips Ampuh Ini!

Kehabisan Ide Saat Menulis? Ikuti Tips Ampuh Ini! Kehabisan Ide Saat Menulis? Ikuti Tips Ampuh Ini! - Inspirasi bisa datang dari mana saja. terutama bagi seorang penulis. Namun mencari topik terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Buat kamu yang hobi menulis, pasti nggak mau kan tulisanmu ngebosenin bahkan gak relate sama yang lagi terjadi sama orang-orang? Langsung aja intip 5 tips ampuh mendapatkan buah pikiran saat stuck menulis.   1. Santai dan rilex Kreatifitas itu datang ketika kondisi tubuh dan pikiran sedang santai dan rilex. Jika Ide tidak ada atau belum datang jangan memaksakan diri, yang pada akhirnya malah nanti kamu jadi stress, kondisi seperti ini malah menjadikan kreatifitas hilang. Santai dan rilex, regangkan otot, regangkan syaraf, nikmati udara sekitar, tarik nafas, hembuskan. Kondisi disekitar yang hening juga bisa bantu kamu berfikir lho.   2. Gunakan ponsel agar lebih praktis Supaya kamu bisa tetap produktif di sela-sela kesibukan. Kamu bisa banget

Cita-cita Menjadi Jurnalis dan Cerita Sebelum Berada di Kampus Ungu

Jurnalis TV yang sedang meliput berita Sebenarnya sejak saya kecil saya bingung ingin memiliki porfesi apa nantinya. Apalagi ketika ditanya oleh guru SD atau SMP, mungkin jawaban saya pada saat itu sama seperti jawaban anak-anak pada umumnya, seperti dokter, guru, arsitek, atau apapun itu yang sudah familiar didengar oleh anak-anak diumur belianya. Namun ketika memasuki usia remaja atau memasuki masa-masa sekolah setelah SMP, kegelisahan itu tiba-tiba muncul, dengan kegelisahan awal antara masuk ke SMA, atau SMK. Tetapi saya pada saat itu terngiang dengan kalimat “Kalau kamu bingung, pilih saja SMK, kalau SMK nanti bisa langsung kerja, atau kalau mau lanjut kuliah juga bisa. Tapi kalau SMA kamu harus kuliah dulu baru bisa kerja.” Dan akhirnya, saya memutuskan untuk masuk ke SMK, soal SMK mana saya masih bingung pada saat itu. Saya mulai kepikiran kalau saya cukup tertarik dengan dunia broadcasting pada saat itu. Menurut saya itu keren, tampil di TV, mengoperasikan alat ya